Seputar berita terkini dan teraktual tentang berita umum, teknologi, olahraga dan juga informasi lifestyle baik itu gosip, kuliner, tempat menarik dan sebagainya

Ads

21 Tokoh Indonesia Sosok Muslim Berpengaruh Di Dunia

kh mustofa bisri
Sebanyak 21 tokoh Indonesia dinobatkan sebagai sosok muslim paling berpengaruh di dunia. Mereka masuk dalam daftar The World's 500 Most Influential Muslim edisi tahun 2016.

Dua nama yang populer di era Pemilihan Presiden, Joko Widodo dan Prabowo Subianto ikut menghiasi daftar tersebut.

Mengutip daftar The Muslim 500, The World's 500 Most Influential Muslims 2016, pemilihan 500 nama ini merujuk pada kekuatan pengaruh para tokoh tersebut terhadap masyarakat khususnya dalam perubahan signifikan terhadap dunia muslim.

Dalam menentukan tingkat pengaruh para tokoh, daftar ini merujuk pada 13 kategori di antaranya politik, pendidikan, bidang keagamaan, alim ulama, filantropi, isu sosia, bisnis, Sains dan teknologi, seni dan budaya, penghapal Quran, media, selebritis, dan golongan keras.

Untuk urutan 50 besar tokoh muslim paling berpengaruh dihuni oleh sejumlah ulama dan tokoh negara. Tiga tokoh Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut adalah Presiden RI Joko Widodo, Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Din Syamsudin, dan Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Said Aqil Siradj.

Berikut adalah 21 tokoh Indonesia yang masuk daftar 500 Muslim tersebut adalah:
1. Prof Dr Tuti Alawiyah
2. Haidar Bagir
3. KH Ahmad Mustofa Bisri (Cak Mus)
4. Abdullah Gymnastiar (AA Gym)
5. Sri Mulyani Indrawati
6. Syafii Maarif
7. Sahal Mahfudz
8. Anis Matta
9. Goenawan Mohamad
10. Husein Muhammad
11. Tri Mumpuni
12. Asma Nadia
13. Tiana Helvy Rosa
14. Quraish Shihab
15. KH DR Said Aqil Siradj
16. Prabowo Subianto
17. Megawati Soekarnoputri
18. Prof DR M Din Syamsuddin
19. Hj Maria Ulfah
20. Joko Widodo
21. Habib Luthfi bin Yahya

Siti Nurhaliza, penyanyi terkenal Malaysia yang juga top di Indonesia, mendapat kehormatan sebagai sosok muslimah paling berpengaruh di dunia. Dia masuk dalam daftar The World's 500 Most Influential Muslim edisi tahun 2016.
 
Pengakuan ini sekaligus membuat Siti sebagai artis wanita pertama terpilih dalam daftar tersebut yang mulai dirilis sejak tahun 2009.

Dalam buku tahunan tersebut, Siti digambarkan sebagai penyanyi yang memenangkan berbagai penghargaan musik serta diberi penghormatan atas kontribusinya dalam kerja-kerja amal.

Tiga sosok lainnya dari Malaysia yang turut dinobatkan adalah penyanyi Hafiz Hamidun, Presiden PAS Datuk Seri Abdul Hadi Awang dan kelompok nasyid, Raihan.

Selain itu, turut mengisi daftar sebagai 50 Muslim Paling Berpengaruh adalah Presiden Indonesia, Joko 'Jokowi' Widodo yang berada di posisi ke-11. Masuknya Jokowi menjadikannya sebagai muslim dari Asia dengan jabatan tertinggi dalam daftar Muslim Paling Berpengaruh di Dunia.

Warga Indonesia lainnya yang masuk dalam daftar 50 besar di antaranya, Dr KH Said Aqil Siradj (Ketua Nahdlatul Ulama), Profesor Dr M Din Syamsuddin (mantan Ketua Muhammadiyah), dan Habib Luthfi Yahya (Ra'is 'Amm Jam'iyyah Ahli Thariqah al-Mu'tabarah al-Nahdliyah).

Daftar dengan judul lengkap The Muslim 500: The World's 500 Most Influential Muslims berisi 500 orang paling berpengaruh di dunia Islam, yang terbagi dalam berabgai kategori seperti politik, agama, bisnis, dunia hiburan dan olahraga.


s : dream

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Pages

Follower

Popular Posts

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List