Seputar berita terkini dan teraktual tentang berita umum, teknologi, olahraga dan juga informasi lifestyle baik itu gosip, kuliner, tempat menarik dan sebagainya

Ads

8 Tips Untuk Penderita Diabetes Yang Ingin Menjalankan Puasa Dengan Lancar

Tips Untuk Penderita Diabetes

Untuk para kalangan orang-orang muslim, bulan Ramadhan adalah bulan yang suci, tentunya dengan kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa juga harus dilakukan dengan lancar dan penuh khidmat. Oleh sebab itu banyak para orang-orang muslimin yang dengan semangat ingin menjalankan ibadah puasa dengan tenang dan dengan sebaik-baiknya tanpa ada rintangan yang mengganggu perjalanan ibadah puasa selama bulan Ramadhan. Para penderita diabetes pun juga ingin berusaha agar puasanya bisa lengkap sebulan penuh.

Para penderita diabetes umumnya dituntut agar memiliki jam makan yang stabil dan teratur. Hal ini untuk menjaga agar kadar diabetes dalam darah kepada para penderita bisa tetap lancar dan normal. Oleh sebab itu tidak jarang para penderita diabetes merasa agak sedikit kebingungan jika mereka ingin mengikuti ibadah puasa. Anda yang sebagai penderita diabetes merasa kebingungan juga bukan? mari kita simak baik-baik beberapa tips berikut ini;
  1. Selama bulan puasa dan pada saat anda sedang berpuasa, rajinlah untuk selalu mengecek tingkat gula darah anda. Jika anda menemukan sesuatu yang tidak normal dengan tingkat gula darah Anda, maka segera lakukan tindakan penanggulangan.
  2. Hindari mengonsumsi minuman kafein dan bebas gula pada saat sedang berbuka dan sahur sebab minuman ini akan merampas cairan dalam tubuh Anda.
  3. Jangan makan berlebihan saat sahur dan berbuka. Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan gula darah karena perut Anda yang kosong saat berpuasa.
  4. Pastikan menu sahur Anda sehat dan seimbang. Beberapa menu sehat yang disarankan adalah roti gandum, oatmeal, atau biji-bijian.
  5. Selalu konsumsi banyak buah dan sayur dalam menu buka dan sahur Anda.
  6. Jangan langsung tidur setelah Anda sahur. Setidaknya beri waktu 2 jam setelah makan baru Anda tidur. Hindari pula mengonsumsi karbohidrat kompleks.
  7. Hindari mengonsumsi menu yang digoreng saat puasa. Selain dapat membuat Anda cepat haus, menu ini juga tinggi akan lemak tak sehat.
  8. Batasi pula konsumsi permen selama Ramadhan demi mencegah melonjaknya gula darah.
Kedelapan tips diatas cukup untuk memperlancar ibadah puasa bagi para penderita diabetes, silahkan anda mencobanya dan selamat berpuasa ya. Semoga lancar dan gak bolong bolong puasanya.

img source : www.lchdhealthcare.org/information/diabetes-information

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Pages

Follower

Popular Posts

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List