Seputar berita terkini dan teraktual tentang berita umum, teknologi, olahraga dan juga informasi lifestyle baik itu gosip, kuliner, tempat menarik dan sebagainya

Ads

Sistem Operasi Berbasis Ubuntu Linux Hasil Pengembangan Mahasiswa Jadi OS Resmi Kuba

 Sistem Operasi Berbasis Ubuntu Linux Hasil Pengembangan Mahasiswa Jadi OS Resmi Kuba.

Negara Kuba kini telah secara resmi mempunyai sebuah sistem operasi nasional. Sistem operasi berbasis Linux tersebut dikembangkan oleh para mahasiswa dari University of Computer Sciences dan disponsori oleh Pemerintah Kuba.

Sistem operasi ini pun telah mencapai versi 4.0. Dan untuk membangun sistem operasi ini, para mahasiswa menggunakan Ubuntu 12.04 LTS dan memakai desktop environment GNOME 3.4. Nova OS ini pun didistribusikan dalam tiga edisi, yakni Escritorio, Ligero serta Servidor.

Escritorio merupakan yang paling utama dan juga dikenal sebagai Desktop CD. Versi ini memberikan desktop environment komplet berbasis GNOME. Untuk edisi Ligoro ditujukan bagi para pengguna perangkat low end. Dan terakhir Servidor merupakan Nova OS yang disediakan untuk server.
Sistem operasi Nova ini pun dikembangkan untuk bisa menggantikan keberadaan Windows di kalangan pengguna komputer di Kuba. Terlebih sistem operasi yang bisa diperoleh dengan gratis dianggap mempunyai kedekatan dengan ideologi yang diusung oleh masyarakat Kuba.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Pages

Follower

Popular Posts

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List