Bulan Ramadan nampaknya menjadi momen pertumbuhan bisnis bagi
perusahaan e-Commerce di Indonesia. Apa pasal? Lihat saja Elevenia, di
bulan yang penuh berkah ini, jumlah transaksi belanja meningkat lebih
banyak dibanding biasanya.
Bukan hanya belanja offline, namun dari sisi belanja online pun juga
mengalami peningkatan. Elevenia berbagi cerita mengenai belanja online
selama bulan Ramadan dan Lebaran.
"Bagi kami, bulan puasa merupakan momen yang sangat spesial. Bukan
hanya jumlah transaksi yang meningkat, namun jenis varian produk yang
dicari oleh konsumen sangat beragam," ujar Madeleine Ong De Guzman, Vice
President Marketing Elevenia.
Selain Elevenia, e-commerce milik salah satu Group Emtek, Bukalapak,
pun merasakan kegembiraan yang sama. Menurut CEO Bukalapak, Achmad Zaky,
di bulan puasa pertumbuhan Bukalapak terus meningkat. Namun, sayangnya
dia tidak tahu persis angka pertumbuhannya itu.
"Awal Ramadan ini membesar. Belum tau persisnya karena baru awalan.
Tapi, kalau melihat trend yang biasanya 20 persen bulanan, kita bisa
dapet 30-40 persen ini," ujarnya ketika dihubungi Merdeka.com melalui
pesan singkat, Senin (22/06).
Selain itu, barang-barang yang laris dibeli di kedua marketplace
tersebut pun berbeda-beda. Di Elevenia, produk paling laris yakni
fashion, makanan, dan gadget. "Produk Fashion dan makanan menjadi dua
produk terbanyak yang dibeli oleh para konsumen di Elevenia. Setelahnya
disusul oleh gadget dan pulsa," papar Madeleine.
Beda dengan Elevenia, Bukalapak justru unik. Menurut Zaky, yang
paling laris di toko onlinenya adalah barang-barang yang khas puasa.
"Beras dan kurma, Mas," singkatnya. Melihat dari kedua pemain e-commerce
tersebut, bisa ditarik benang merah bahwa penjualan e-commerce
meningkat saat puasa dan lebaran.
sumber : www.merdeka.com/teknologi/e-commerce-meningkat-ini-barang-yang-laris-manis-di-bulan-ramadan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.